Minggu, 04 Juli 2010

Yamaha Byson atau FZ16



Isu soal keinginan Yamaha melepas produk barunya, Byson, ke pasar akhirnya terkuak. General Manager Marketing and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bambang Asmarabudi membocorkannya saat berbincang dengan Kompas.com. "Sekarang kami masih uji coba Byson. Jadi, kalaupun dilepas ke pasar, mungkin baru tahun depan," ungkap Bambang.

Produk terbaru Yamaha ini mengusung mesin karburator berk
apasitas 153 cc. Tampilannya mirip Yamaha FZ16. Sebelumnya, Byson diluncurkan pada September ini di India oleh Yamaha Motor Pvt Ltd India.
Walaupun tenaganya cuma 14 hp dan torsi 13.6 nm beda dg Vixion yg 16 hp dan torsi 14.5 nm. Tapi penampilannya jelas terlihat garang & bergaya streetfighter sejati. Apalagi dg harga yg diperkirakan masih di bawah Vixion.

Lampu depan telanjang, plus desain knalpot ala moge. Paduan lekukan pada bodi dan sasis mempertegas status Byson sebagai motor sport yang macho.



Jika dilepas, Byson akan bertarung di segmen sport menengah dengan beberapa rival, yakni Honda Mega Pro dan Suzuki Thunder. Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), meski komposisi penjualan motor sport terkecil di pasar motor nasional, tetapi pertumbuhannya tetap positif.
Per Agustus 2009, total penjualan wholesales motor sport di Indonesia mencapai 320.650 unit atau 8,6 persen dari total pasar. Dan tebak, siapa yang memimpin di segmen ini? Ya, Yamaha. Merek ini masih memimpin dengan pangsa pasar 43,9 persen (140.899 unit) dengan model unggulan V-ixion dan Scorpio Z.

Ternyata Yamaha byson mengisi pasar untuk head to head dengan Mega Pro yang masih SOHC. Dengan model yang yahud, hampir dipastikan bahwa motor ini akan laku seperti kacang.


Kemungkinan Byson akan memakan pangsa pasar vixion, karena pasar keduanya tidak jauh berbeda. Mungkin saja Yamaha memegang data bahwa bisa dibuat kelas baru yang harganya hanya sedikit dengan perbedaan teknologi karbu dan injection.

Ini disebabkan Yamaha merilis Byson adalah bocornya rencana AHM untuk menghentikan Mega Pro dan menggantinya dengan CBR 150R. Yamaha dengan Byson hampir dipastikan akan tidak bisa diguncang CBR karena harganya yang diperkirakan jauh. CBR import sekarang seharga 38 juta, sementara Byson harganya akan dibawah Vixion yang per hari ini adalah 20,5jt.






KOMPAS.com —

Related Posts



VibrantVitalities.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Best Choice. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com