Dua mobil kecil ini akan bersaing pada akhir tahun ini. Ford dengan Fiesta mencoba mengganjal laju Nissan March yang telah lebih dulu eksis di Asia (Thailan). Mobil keluarga dengan 4sittets jenis city car ini sedang digandrungi oleh masyarakat Asia khususnya Indonesia. Selain harga murah, mobil ini hemat tempat parkir yang sesuai dengan bodynya yang mungil. Lagi pula mobil kecil ini hemat bahan bakar dengan cc kecil. Ford Fiesta dan Nissan March akan menghadapi persaingan keras dari pendahulunya yang telah sukses mempengaruhi pasar mobil sedan hatchback alias sedan tanpa buntut ini seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, SX4, Mazda 2 dan Hyundai Gets. Untuk itu, mari kita bedah kedua mobil ini.
Ford Fiesta
Elemen desain kinetik yang tegas serta grafik yang kuat dari Ford Fiesta terbaru, diperjelas dengan elemen khas seperti lampu depan yang dinamis, kap mobil yang berkontur serta sisi-sisi dengan permukaan muscular. Fiesta mengeluarkan aura percaya diri, gaya, serta individualitas. Tampilan dari desain kinetik meliputi trapezoidal grille yang lebar dan terbuka di bagian bawah yang bukan hanya merupakan bagian dari desain namun juga fitur fungsional untuk menarik masuk udara guna meningkatkan pendinginan mesin serta fungsi AC.
Bagian bawah yang terbuka lebar ini sering diumpamakan dengan atlet yang membuka mulut lebar-lebar untuk menghirup udara agar dapat memaksimalkan kinerja mereka. Desain kinetik mencerminkan energi yang bergerak, atletisitas serta dinamika berkendara halus yang merupakan kualitas utama di setiap kendaraan Ford seperti yang terdapat pada Ford Focus.
Lampu depan yang terdapat pada Fiesta terbaru akan dengan mudah dikenali karna membentuk bagian seperti bahu yang melebar ke bagian belakang hampir seluas A-pillars yang stylish. Lampu depan pada Ford Fiesta juga menggabungkan semua lampu depan utama serta fungsi sinyal – dilengkapi dengan lampu kabut bulat pada bagian bawah bumper.
Profil dari Ford Fiesta yang terbaru menegaskan pembawaannya yang tenang serta gayanya yang sporty. Keseluruhan dari garis atap yang melebar tertarik dari bagian depan hinga ke bagian belakang A-pillar, membentuk grafik yang tegas pada profil jendela samping DLO (Day Light Opening) yang menciptakan sebuah nuansa sporty pada varian kendaraan lima pintu. Grafik kaca samping lebih jauh lagi ditekankan dengan “kick-up” khas Ford pada bagian belakang.
Terdapat empat varian harga Ford Fiesta yang dipasarkan di Indonesia antara lain untuk type 1.4L Style (manual) seharga Rp. 167 juta, 1.4L Trend (manual) seharga Rp. 177 juta, 1.4L Trend (automatic) seharga Rp. 187 juta dan 1.6L Sport dengan PowerShift seharga Rp. 215 juta.
Ford Fiesta diklaim memiliki harga yang lebih murah ketimbang harga Honda Jazz yang saat ini sudah menembus angka Rp 300 jutaan. Nantinya Fiesta dikembangkan oleh Ford dengan desain kinetis. Ford Fiesta menggunakan kapasitas mesin 1.400 cc dan 1.600 cc dengan bahan bakar bensin dengan tingkat akselerasi yang cukup tinggi.Interior Ford Fiesta
Saat duduk di kursinya, mata pengendara langsung tertuju pada panel instrumen yang mengesankan. Grafis analog yang tajam pada instrumen Fiesta sangat mudah dibaca.
Konsol tengah merupakan titik pusat mobil, dengan semua kendali radio/CD, ventilasi/pemanas dan air conditioner dirancang secara ergonomis agar mudah digunakan dan memberikan rasa berkualitas. Setiap tombol dan sakelar dirancang sampai ke detail terkecil.
Nissan March
Pasar mobil Indonesia boleh saja terus tumbuh. Bahkan, di ASEAN kini bisa dikatakan #1. Kendati demikian, Indonesia bukan target utama pengembangan dari produsen mobil seperti Nissan. Sebagai contoh, Nissan memilih Thailand untuk mengembangkan mobil murah. Nissan March berada satu segmen dengan Suzuki Splash yang di sini diluncurkan awal Maret lalu, Suzuki Splash dijual dengan harga Rp 139 juta-Rp 145 juta. Di Thailand, Nissan March dijual dengan harga 459.000-537.000 baht (Rp 131,6 juta-Rp 154 juta).
Nissan March, yang di beberapa negara dijual dengan nama Nissan Micra, berada di segmen di antara segmen mobil subkompak yang ditempati Honda Jazz, Hyundai i20, Mazda2, Suzuki Swift, dan Toyota Yaris, dengan segmen mobil mungil yang ditempati Chery QQ, Hyundai i10, KIA Picanto, dan Suzuki Karimun Estilo.
Dengan 3 model Nissan March 3 silinder DOHC, yang diklaim sebagai mesin yang sudah mengusung eco-car yakni March manual 1.2 liter, March otomatis 1.2 liter terendah dan March otomatis 1.2 liter tertinggi. Nissan March dibandrol mulai dari Rp 140 juta sampai Rp 180 juta.
Yang membedakan varian matik terendah dan teratas rupanya hanya terletak pada ABS, airbag dan eco AC. Fitur tersebut hanya terdapat Nissan March otomatis versi tertinggi.
Bentuk bodi Nissan March kini telah berevolusi menjadi agak besar ketimbang versi sebelumnya. Tidak seperti pendahulunya yang terlihat seperti mobil perkotaan atau city car.
Nissan mengklaim ini bukan city car melainkan hatchback yang bersaing ketat dengan Toyota Yaris dan Honda Jazz di Indonesia. Nissan March Lebih mirip VW Beetle.
Kalau dilihat dari interior, Nissan march terkesan simpel dan biasa saja. Walaupun kecil, tetapi interior Nissan March, ergonomis, dan lincah dikendarai. Dari luar mobil terlihat memiliki kualitas yang baik, demikian juga interiornya. Walaupun interiornya didominasi plastik, tetapi tidak terkesan murahan. Bahkan, pada varian yang lebih tinggi, Nissan March dilengkapi dengan climate control otomatis, sesuatu hal yang langka bagi mobil-mobil di kelasnya.
Ford Fiesta Versus Nissan March, Ford Fiesta, Nissan March, The Best Choise of City Car, Citycar, Family Cars
1 komentar:
pasti pilih fiesta
https://www.money.id/finance/investasi-yang-wajib-dimiliki-seorang-ayah-1611045.html
Posting Komentar